Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SD/MI
Gurunow.top Modul
Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SD/MI
Modul
Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SD/MI ini disusun untuk
memberikan inspirasi, wawasan, dan pedoman bagi Guru dalam melakukan persiapan,
pelaksanaan, diagnosis dan tindak lanjut yang tepat pada proses asesmen
diagnosis.
Modul
Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia
untuk 4 SD/MI dapat menjadi salah satu penguatan terhadap prinsip
“teaching at the right level” (pembelajaran sesuai dengan tingkat) khususnya
pada masa pandemi Covid-19.
Modul
Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SD/MI ini juga bisa
digunakan oleh guru sebagai pedoman untuk membuat asesmen diagnosis sederhana.
Pandemi
Covid-19 pada beberapa bulan terakhir berdampak pada beberapa sektor kehidupan,
tak terkecuali sektor pendidikan.
Untuk
membatasi penyebaran dan penularan virus Covid-19 secara luas di satuan
pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengambil
kebijakan penyelenggaraan Belajar dari Rumah (BDR).
Kebijakan
serupa juga diterapkan di lebih dari 180 negara dunia. Kebijakan BDR diyakini
dapat berdampak pada perkembangan kognitif dan nonkognitif siswa yang
selanjutnya dapat mempengaruhi wajah pendidikan di masa depan.
Di
Indonesia, beragamnya kondisi sosial ekonomi, akses teknologi, serta kondisi
wilayah sebaran Covid-19 menyebabkan pelaksanaan BDR serta capaian belajar
siswa bervariasi.
Oleh
karena itu, asesmen untuk mengetahui hambatan dan kelemahan siswa pada saat BDR
perlu dilakukan.
Asesmen
yang meliputi aspek kognitif dan nonkognitif perlu dilakukan agar pembelajaran
yang dilakukan sesuai dengan kondisi siswa.
Hasil
asesmen memberikan dasar kepada guru untuk menetapkan perlakuan atau strategi
yang tepat kepada masing-masing siswa.
Remedial
atau pengayaan yang dilakukan sebagai tindak lanjut hasil asesmen merupakan
upaya untuk memastikan tidak ada siswa yang tertinggal atau dirugikan.
Pengertian
Asesmen Diagnosis Kognitif
Asesmen
Diagnosis Kognitif bertujuan untuk mendiagnosis kemampuan dasar siswa dalam
topik sebuah mata pelajaran.
Asesmen
diagnosis dapat mengandung satu atau lebih dari satu topik. Asesmen
Diagnosis Kognitif adalah asesmen diagnosis yang dapat dilaksanakan secara
rutin, pada awal ketika guru akan memperkenalkan sebuah topik pembelajaran
baru, pada akhir ketika guru sudah selesai menjelaskan dan membahas sebuah
topik, dan waktu yang lain selama semester (setiap dua minggu/ bulan/ triwulan/
semester).
Kemampuan
dan keterampilan siswa di dalam sebuah kelas berbeda-beda. Ada yang lebih cepat
paham dalam topik tertentu, akan tetapi ada juga yang membutuhkan waktu lebih
lama untuk memahami topik tersebut.
Seorang
siswa yang cepat paham dalam satu topik, belum tentu cepat paham dalam topik
lainnya.
Asesmen
diagnosis memetakan kemampuan semua siswa di kelas secara cepat, untuk
mengetahui siapa saja yang sudah paham, siapa saja yang agak paham, dan siapa
saja yang belum paham. Dengan demikian guru dapat menyesuaikan materi
pembelajaran dengan kemampuan siswa.
Modul
Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Kelas 4 SD/MI
Modul
Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SD/MI ini berisi materi sebagai
berikut.
1. Kisi-kisi Soal Asesmen Awal Pembelajaran
2. Soal Asesmen Awal Pembelajaran
3. Kemungkinan Jawaban Asesmen Awal Pembelajaran
4. Kunci Jawaban Asesmen Awal Pembelajaran
5. Pedoman Penskoran Asesmen Awal
6. Interpretasi dan Tindak Lanjut Asesmen Awal
Posting Komentar untuk "Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SD/MI"
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda, Jika Link DOWNLOAD NOW Erorr......