Contoh Kurikulum Darurat Madrasah Tahun 2020/2021
Gurunow.top
Kurikulum Darurat adalah kurikulum yang disusun dan dilaksanakan oleh
satuan pendidikan pada kondisi atau masa darurat.
Dengan demikian, semua aspek yang berkenaan dengan perencanaan
pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian hasil belajar disesuaikan
dengan kondisi darurat yang terdapat dan dirasakan oleh setiap satuan
pendidikan madrasah.
Di dalam menyusun kurikulum darurat, satuan pendidikan dapat melakukan
modifikasi dan inovasi KTSP, disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan
madrasahnya.
Madrasah dapat melakukan modifikasi dan inovasi dalam bentuk struktur
kurikulum, beban belajar, strategi pembelajaran, penilaian hasil belajar dan
lain sebagainya.
Pada masa darurat, seluruh siswa harus tetap mendapatkan layanan pendidikan
dan pembelajaran dari madrasah. Kegiatan pembelajaran tidak hanya mengandalkan
tatap muka antara guru dengan siswa, tetapi siswa dapat melakukan belajar dari
rumah dengan bimbingan/pemantauan oleh guru dan orang tua.
Belajar dari rumah tidak harus memenuhi tuntutan kompetensi (KI-KD) pada
kurikulum, tetapi lebih ditekankan pada pengembangan karakter, akhlak mulia,
ubudiyah, kemandirian dan kesalehan sosial lainnya.
Kurikulum darurat hanya diterapkan pada masa darurat. Jika kondisi sudah
normal, maka kegiatan pembelajaran harus kembali dilaksanakan secara normal
seperti biasanya.
Kegiatan Pembelajaran Madrasah pada masa darurat tetap berpedoman pada
Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran berjalan yang ditetapkan oleh
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
Kegiatan pembelajaran pada pelaksanaan Kurikulum Darurat harus dapat
mengembangkan kompetensi siswa pada aspek sikap, aspek pengetahuan dan aspek
keterampilan.
Kegiatan pembelajaran juga harus menumbuhkembangkan kompetensi literasi
bahasa, literasi matematik, literasi sains, literasi media, literasi teknologi
dan literasi visual.
Selain itu, kegiatan pembelajaran diharapkan dapat merangsang tumbuhnya 4C
(Critical thinking, Collaborative, Creativitydan Communicative) pada diri siswa.
Hal yang paling penting adalah kegiatan pembelajaran wajib mempertimbangkan
terjaganya kesehatan, keamanan,dan keselamatan civitas akademika madrasah baik
pada aspek fisik maupun psikologi.
Guru dapat memilih materi pelajaran esensi untuk menjadi prioritas dalam
pembelajaran. Sedangkan materi lain dapat dipelajari siswa secara mandiri.
Materi pembelajaran ditemukan dan dikumpulkan serta dikembangkan dari
buku-buku sumber dan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan dan/atau berkaitan
dengan fenomena sosial yang bersifat kontekstual, misalnya berkaitan dengan
pandemi Covid-19 atau hal lain yang sedang terjadi di sekitar siswa.
Desain pembelajaran untuk memperkuat pendekatan berbasis ilmiah/saintifik
dalam penerapan Kurikulum Darurat dapat berbentuk model-model pembelajaran.
Guru memilih metode yang memungkinkan pencapaian tujuan pembelajaran pada
kondisi darurat.
Guru secara kreatif mengembangkan metode pembelajaran aktif yang
disesuaikan dengan karakteristik materi/tema.
Kegiatan pembelajaran Kurikulum Darurat dapat berbentuk kelas nyata maupun
kelas virtual. Madrasah yang berada pada zona hijau (aman) dapat melaksanakan
kelas tatap muka. Sedangkan madrasah yang berada dalam zona merah (darurat)
melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau kelas virtual.
Apabila dalam bentuk kelas nyata, dimana guru dan siswa bertemu tatap muka,
maka harus tetap memperhatikan protokol kesehatan.
Jika dalam bentuk kelas virtual, maka madrasah atau guru dapat menggunakan
aplikasi pembelajaran digital yang menyediakan menu/pengaturan kelas virtual.
Apabila kegiatan pembelajaran dalam bentuk kelas virtual, sebaiknya
madrasah mengatur jadwal kelas secara proporsional, misalnya dalam sehari hanya
ada satu atau dua kelas virtual saja.
Contoh Kurikulum Darurat Madrasah Tahun Ajaran 2020/2021
Berikut ini adalah contoh Kurikulum Darurat Madrasah Tahun Ajaran 2020/2021
yang disusun dalam rangka memberikan arah pengelolaan kegiatan pembelajaran dan
pendidikan di masa pandemi Covid-19.
Contoh Kurikulum Darurat Madrasah ini dapat dikembangkan sesuai kebutuhan
masing-masing madrasah.
Contoh Kurikulum Darurat Madrasah Tahun Ajaran 2020/2021 terbagi atas 4
(empat) bab, sebagai berikut.
1. Bab I Pendahuluan
2. Bab II Visi Misi dan Tujuan Madrasah
3. Bab III Kerangka Dasar, Struktur, dan Muatan Kurikulum Darurat
4. Bab IV Kalender Pendidikan
5. Bab V Penutup
Silahkan Sahabat unduh Contoh Kurikulum Darurat Madrasah Tahun 2020/2021 Klik
Semoga Postingan kami Berguna dan bermanfaaat bagi anda sahabat, jangan
Lupa untuk membagikan Artikel ini Karena Berbagi_Itu_Indah.
Posting Komentar untuk "Contoh Kurikulum Darurat Madrasah Tahun 2020/2021"
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda, Jika Link DOWNLOAD NOW Erorr......